Beberapa Cara Terapkan Batasan Kerja Agar Kesehatan Mental Terjaga

 

1. Ketakutan adalah hal wajar, tetapi perubahan itu sehat

 

 

 

 

 

Dalam periode stres entah itu karena pandemi, kekacauan ekonomi, atau kerusuhan rasial, kita membuat penyesuaian untuk mengelola penyebab stres yang berada dalam kendali kita, kata David Rosmarin, asisten profesor di departemen psikiatri di Harvard Medical School dan pendiri Center for Anxiety.

Dalam kasus pandemi, misalnya, banyak orang mulai bekerja dari rumah dan merampingkan interaksi sosial untuk menghindari kontak dengan virus.

“Itu adalah proses yang baik dan sehat karena kita semua telah melakukan adaptasi tersebut,” kata Rosmarin.

Selama setahun terakhir, kita menjadi sangat nyaman dengan kehidupan “normal baru” kita, dan mungkin merasakan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan tentang kembali ke keadaan sebelumnya.

Pada akhirnya, beberapa aspek kehidupan akan kembali seperti sebelum pandemi, dan solusi sementara ini mungkin tidak lagi berguna bagi kita.

“Jika Kamu terus menggunakannya, mereka benar-benar mengganggu kesehatan mental, dan bisa menjadi masalah,” tambahnya.

Maka Kamu harus bisa mengendalikan ketakutan tersebut, supaya hidup Kamu lebih baik lagi.

2. Kenali kecemasan Kamu

Kecemasan adalah kondisi perasaan “penuh ketakutan,” kata Margaret Wehrenberg, psikolog dan penulis “Pandemic Anxiety: Fear, Stress, and Loss in Traumatic Times”.

Untuk meredakan perasaan takut, orang dengan kecemasan sering menghabiskan “waktu yang berlebihan untuk memindai dunia mereka untuk mencari masalah dan mencoba menyelesaikannya,” kata Wehrenberg.

Hal ini dapat membuat orang melampirkan kekhawatiran mereka pada sesuatu yang tidak selalu menjamin atau tidak didasarkan pada kenyataan.

Tentu saja, pandemi telah memberi banyak alasan bagi Kamu untuk mengkhawatirkan keselamatan.

Tetapi, mengidentifikasi saat-saat ketika Kamu merasakan gejala kecemasan (misalnya gelisah, kelelahan, mudah tersinggung, khawatir atau sulit tidur) dan memberi label seperti itu dapat membantu Kamu merasa bisa mengendalikan apa yang akan terjadi selanjutnya.

3. Komunikasikan kekhawatiran Kamu

Ilustrasi Rapat Evaluasi Kerja Credit: unsplash.com/Gabrielle
Kembali bekerja memang mengharuskan Kamu untuk menanggung sejumlah risiko, bahkan jika Kamu telah divaksinasi penuh. Tingkat kenyamanan dapat bervariasi dari orang ke orang, kata Rosmarin.

Perusahaan harus terbuka untuk mendengar preferensi individu daripada mengadopsi kebijakan umum, katanya.

Ingin tahu bagaimana Kamu dapat menetapkan batasan yang tepat sebagai karyawan?

“Pikirkan lebih ke arah hal koordinasi dan diskusi,” ujar Rosmarin.

Pertama, “cari tahu fleksibilitas apa yang ada di dunia individu Kamu untuk mendiskusikannya dengan supervisor,” kata Wehrenberg.

Dapatkan informasi sedetail mungkin tentang kebijakan pengembalian, sehingga Kamu dapat membentuk opini yang akurat dan menentukan apa yang Kamu butuhkan.

Juga pikirkan tentang apa yang berhasil untuk Kamu: “Adakah hal-hal tentang jadwal tempat Kamu bekerja dan cara Kamu bekerja, yang mungkin lebih cocok untuk Kamu?” dia berkata.

4. Berlatihlah mengatasi kecemasan sosial

Ilustrasi Agenda Rapat Credit: unsplash.com/YouXVentures
Orang dengan bahkan sedikit kecemasan sosial atau rasa malu sebelum pandemi umumnya tidak terganggu dengan tinggal di rumah dan bekerja dari jarak jauh dan mungkin merasa lega karena tidak berurusan dengan interaksi langsung, kata Wehrenberg.

“Kembali ke lingkungan mereka akan sangat sulit,” katanya.

Kecemasan sosial ditKamui dengan ketakutan dihakimi oleh orang lain, merasa sadar diri dalam situasi sosial sehari-hari dan menghindari bertemu orang baru, menurut National Institutes of Health.

Di tempat kerja, seseorang dengan kecemasan sosial mungkin merasa gugup untuk berbicara dalam rapat, berhubungan dengan rekan kerja, atau mengajukan pertanyaan kepada supervisor.

Salah satu cara untuk memerangi perasaan ini adalah dengan “mengembangkan antisipasi yang akurat tentang apa yang diharapkan dari Kamu,” kata Wehrenberg.

Misalnya, protokol apa yang akan diterapkan seputar jarak sosial atau pemakaian masker saat Kamu kembali ke kantor?

Jika Kamu merasa telah salah menafsirkan isyarat sosial seseorang, penting untuk menemukan cara untuk mendekatinya secara langsung tanpa ragu, katanya.

“Menjauh dengan perasaan tidak pasti akan membuat kecemasan Kamu memuncak,” katanya.

Akan sangat membantu jika Kamu merencanakan beberapa acara sosial dalam seminggu agar Kamu merasa nyaman berada di sekitar orang, kata Rosmarin. Sebab, masa isolasi dapat memperburuk kecemasan.

“Ketika orang terisolasi dan sendirian, mereka merasa kurang percaya diri dan cenderung bersikap negatif,” katanya.

“Jadi, kecemasan sosial terbangun, dan kemudian semakin sulit bagi mereka untuk keluar dan mendapatkan dorongan emosi positif,” tambahnya.

5. Ingat hari terbaik

Kembali bekerja akan terasa aneh, terlepas dari preferensi pribadi Kamu tentang situasi saat ini.

Jika Kamu masih takut, Wehrenberg menyarankan agar Kamu memikirkan tentang sebelum pandemi dan bagaimana perasaan Kamu tentang tempat kerja pada hari yang baik.

Pikirkan detail tentang segala hal mulai dari perjalanan Kamu hingga rekan kerja Kamu, dan cobalah untuk mengubah sikap Kamu.

“Akan terlihat seperti apa jika Kamu mengalami hari yang menyenangkan, kembali bekerja sekarang? Bagaimana perasaan Kamu tentang perjalanan Kamu? Apa yang akan Kamu lakukan dengan waktu Kamu?” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *